Friday 24 April 2009

Tentang Budidaya Jamur Itu, Bun...

Log Bibit Jamur Tiram Putih


Jadi begini bun menurut abi mah.
di belakang kan ada ruangan kosong, lumayan lah dua ruangan. daripada dipakai hanya untuk menyimpan barang-barang yang teu pararuguh, meding dimanfaatkan buat budidaya jamur aja.
jadi nanti ruangan yang belakang yang ada kayu, bata dsb itu di ebrsihkan, pindahkan ke belakang atau ke ruang yang sekarang ada lemarinya.
Kalu sudah beres tinggal pasang rak-rak dari bambu, di aki juga banyak bambunya mah tingga angkut aja. terus isi dengan baglog jamur, baglognya mah beli ajah yang udah jadi, katanya sih 2500 rupiah per baglog. terus simpan di rak2 bambu itu.
biar ga panas waktu pagi, jendelanya dikasih penghalang aja, terus pintu dibiarin terbuka ga apa2. untuk ngejaga kelembaban sih katanya tinggal siram2 aja sedikit.
Habis itu tinggal nunggu panenaya. jamurnnya bisa untuk konsumsi kita sendiri. atau kalo ada tetangga yang mau beli ya kasih lah. terus sisanya dibagi2 ke mamah, ua teh puput, wa cicalung terus juga sodara yang lain.
selain di sayur kan bisa juga untuk dibikin jamur crispy, nah tenatang jamur crispy ini enak sekali. nanti deh abi beliin dari dekat unpad, yang jalan ke boromeus nan suka ada mangkal di situ.
kalo bunda setuju sih kayaknya lumayan, daripada ruanganya nganggur sekalian kita juga belajar untuk menambah ilmu dan pengalam baru, yakan? icha juga nanti pasti senang, kan dia sangat suka sekali ama jamur...

0 comments:

Popular Posts