Monday 24 August 2009

TENTANG BUDIDAYA BETERNAK KELINCI ITU

 

04

 

Rasanya pengen bagnet punya kelinci yang lucu seperti ini teh. Icha juga pasti senang bisa main-main bersama para kelinci itu, berlari dan kejar-kejaran.

Jadi rencana abi sih begini bun:

Di belakan grumah itu kan udah di pagar, kita buat kandang kecil yang mepet ke tembok rumah. Kandang dari bambu ajah, ukuran 1x2,5 ajah. pake atap ma pintu. gak usah tinggi karena kelinci kan gak bisa loncat.

Tapi sifatnya kelinci ini adalah suka menggali lubang, jadi di bawah kandangnya harus dikasih penghalang, dari genteng kereweng ajah dari jebor, dikasih gabah dikit. biar nanti membersihkan kandangnya gampang dan juga kotoranya jadi kering bisa untuk pupuk di kebun.

untuk makannay kita tanam rumput gajah, yang biasa untuk pakan sapi. Pakanan tambahan lainya campur dedak dan sayuran sisa kita nyayur, kayak kangkung, wortel, kubis bayam kan suka banyak sisanya.

Kalo malam atau hujan, dia dimasukin ke kandang. tapi kalo siang hari kita biarkan berlarian di kebun. wah pasti asik deh…

Bibitnya? kita beli aja sepasang dulu, banyak kok yang jual, biasanya Rp. 60-100 ribu sepasang tergantung besar dan jenisnya. Nanti juga beranak, dan kalo beranak wah asyik pasti anaknya lucu-lucu juga,…

0 comments:

Popular Posts