Thursday 22 October 2009

ADA SEMBURAN LUMPUR YANG MERESAHKAN DI MAJALENGKA

 

Majalengka, (PR).-
Semburan lumpur berbau tanah berwarna abu-abu seperti cairan semen terjadi di Kampung Sukamukti, Desa Cigaleuh, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka, tepatnya di lahan sawah milik Bakri (45), warga setempat, sejak Senin (19/10). Lumpur itu kini memenuhi satu petak sawah yang di seberangnya terdapat perkebunan dan aliran sungai kecil.

Menurut beberapa warga, semburan lumpur itu ditemukan pertama kali oleh Amir, seorang petani yang akan mencari rumput sekitar pukul 10.00 WIB. Saat melintas ke lokasi tersebut, tiba-tiba ia melihat gelembung lumpur sebesar jari kelingking keluar dari dalam tanah.
Namun menjelang sore hari, semburan tersebut semakin besar dengan diameter sekitar 20 sentimeter dan ketinggian mencapai sekitar 1 meter. Beberapa menit kemudian, muncul pula titik semburan yang lain di lokasi tersebut. Akibat semburan lumpur itu warga kini berupaya mengalirkan lumpur ke aliran sungai yang berada di bawah sawah tersebut.
Menurut Heryanto, salah seorang warga setempat yang rumahnya tidak begitu jauh dari lokasi semburan mengaku, awalnya posisi tanah di bagian utara sawah itu lebih rendah namun setelah adanya semburan lumpur, posisi tanah menjadi sebaliknya, dan bagian tengahnya menjadi lebih tinggi.
"Belum diketahui pasti penyebab semburan lumpur ini, namun sempat dikabarkan adanya beberapa kali getaran di lokasi semburan setelah terjadi gempa yang mengguncang kawasan itu pada 2 September lalu. Kami khawatir nantinya seperti yang terjadi di Sidoarjo Jawa Timur. Karena itu pada malam hari kami berjaga-jaga di luar rumah," ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Cigaleuh Asdi Sawa, keberadaan semburan lumpur di wilayahnya baru pertama kali terjadi. "Hasil pemeriksaan sementara tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun warga masih menunggu perkembangan selanjutnya," ungkapnya. (C-31)***


Sumber: Harian Pikiran Rakyat, Rabu 21 Oktober 2009

0 comments:

Popular Posts