Thursday 15 October 2009

Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Argentina Akhirnya Lolos

Kamis, 15 Oktober 2009 - 07:34 wib

Argentina lolos ke piala dunia Afsel, Sebuah hal yang sebenarnya melegakan. Gak kebayang gimana tidak serunya piala dunia tanpa penampilan dari pemain sepakbola energic seperti Lionel Messi.

berikut adalah kutipan dari http://bola.okezone.com tentang pertandingan hidup mati antara Argentina vs Uruguay.

image MONTEVIDEO - Argentina harus melalui perjuangan panjang untuk bisa memastikan satu tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2010. Tim Tango membutuhkan sekira 85 menit untuk bisa menundukkan sepuluh pemain Uruguay 1-0 di laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol, Kamis (15/10/2009) pagi.
Los Albicelestes pantas berterima kasih pada pemain cadangannya Mario Bolatti pada pertandingan kali ini. Pasalnya, gol semata wayang gelandang Huracan di menit ke-84, memastikan Argentina aman di posisi empat klasemen zona Conmebol. Dengan koleksi 28 poin, maka Argentina melengkapi format empat tim wakil zona Conmebol, bersama dengan Cile, Paraguay dan Brasil di puncak klasemen akhir.
Bagi Uruguay, kekalahan ini tetap membuat mereka mampu membuka peluang lolos, meski harus lewat jalur play-off. Namun, keberhasilan La Celeste -julukan Uruguay- mengamankan tiket play-off, tak lepas dari hasil buruk Ekuador yang pada saat bersamaan ditundukkan Cile juga dengan skor tipis 0-1. Alhasil, La Celeste mantap di posisi lima dengan koleksi 24 poin, atau unggul satu poin atas Ekuador. Di babak playoff nanti, Uruguay akan berhadapan dengan peringkat empat zona Concacaf, yang hingga kini masih diperebutkan Kosta Rika dan Honduras.
Dalam duel panas di Estadio Centenario, baik Argentina maupun Uruguay yang sama-sama membutuhkan poin maksimal, tampil menyerang. Alhasil, sejak menit awal pertandingan kedua tim silih berganti memberikan ancaman ke gawang lawan.
Sayang, duet Argentina yang diisi Gonzalo Higuain dan Lionel Messi gagal mencetak gol. Hal serupa juga dialami duet Diego Forlan dan Luis Suarez yang hanya mampu membuat jantung fans Uruguay berdegup kencang, kala peluang kedua bomber tersebut kerap nyaris berbuah gol. Alhasil, paruh pertama ditutup dengan skor kacamata alias 0-0.
Memasuki babak kedua, kedua tim tetap menampilkan permainan menyerang. Namun, pada paruh kedua ini, Uruguay lebih banyak memiliki peluang ketimbang Argentina. Salah satunya adalah tendangan keras Forlan dari luar kotak penalti, yang hanya melintas di sisi kanan gawang Argentina yang dikawal Sergio Romero.
Pertandingan berjalan satu jam, kedua tim belum juga mampu mencetak gol. Peluang emas yang didapat kedua tim juga terbilang sangat minim. Hal yang justru sangat dominan pada pertandingan ini adalah permainan keras menjurus kasar yang diperagakan kedua tim.
Namun, Uruguay-lah yang harus membayar permainan keras yang diperagakannya pada menit ke-84. Bek Martin Caceres diganjar kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Jonas Gutierrez. Malapetaka bagi Uruguay pun hadir usai bek Juventus tersbut meninggalkan lapangan.
Argentina langsung mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol. Berawal dari tendangan keras Juan Sebastian Veron dari luar kotak penalti yang membentur pemain Uruguay, Mario Bolatti yang baru masuk pada menit ke-80, sukses mengndalikan bola liar dan meneruskannya dengan tendangan mendatar yang meluncur deras ke sisi kiri gawang Uruguay yang dikawal Fernando Muslera. 1-0 Argentina unggul.
Selepas gol tersebut, La Celeste pun berusaha keras menyamakan kedudukan di lima menit terakhir. Sayang, kalah jumlah pemain membuat Diego Forlan dkk gagal mencetak gol penyeimbang dan harus mengakui keunggulan Los Albicelestes meski dengan skor tipis 1-0.
Hasil Pertandingan lain zona Conmebol:
Peru 1-0 Bolivia
Brasil 0-0 Venezuela
Cile 1-0 Ekuador

0 comments:

Popular Posts