Wednesday 21 October 2009

Tips memilih raket tennis untuk pemain yang baru belajar

Diantara Teman-teman, maka saya termasuk pemula dalam bermain tennis. Dengan celana dan sepatu yang sama sekali bukan celana dan sepatu tennis (bukan gak kebeli, tapi gak punya hehehe) saya belajar di lapangan tennis depan Asrama PUsbiktek Bandung. Senior saya seperti pak Aris Munandar dan pak Hendra Wibawa mengajari saya mulai dari cara memegang raket, mengayunkan, service, mengarahkan bola ke kepala orang  lapangan orang dan mengontrol bola. Tapi dah lama berlatih, masih belum pandai juga. Mungkin karena saya gak punya raket sendiri alias pinjem doank…

Tapi sebelum beli raket, saya cari-cari dulu giman caranya membeli raket dan mengetahui jenis-jenis raket tennis. nah ini dia nih sebagian ilmunya tentang raket tennis.

Permainan tennis tentu saja tidak bisa dimainkan tanpa adanya raket tenis. Terdapat bermacam-macam raket tenis yang ada di pasaran saat ini. Bagi anda yang sedang akan bermain tenis atau yang ingin membeli raket tenis. Mungkin tulisan yang akan saya angkat ini bisa bermanfaat bagi anda.
Secara garis besar terdapat 3 jenis raket berdasarkan luas kepalanya, yaitu

  1. Mid size : 85-90 sq.inch
  2. Mid-plus : 95-105 sq.inch
  3. Oversize : 110-135 sq.inch

Ketiga ukuran di atas sedikit banyak berpengaruh pada tipe dan tingkat permainan dari seorang petenis.

Ukuran kepala raket umumnya berbanding lurus dengan power yang akan dihasilkannya. Raket-raket dengan ukuran kepala yang besar (Oversize) biasanya memproduksi power/ tenaga yang besar dan apabila anda memegang raket jenis ini maka umumnya akan terasa lebih berat di kepala raket (head heavy/ berat depan). Raket dengan ukuran kepala yang kecil (Mid size) umumnya memiliki power yang kecil dan keseimbangan raket ini akan terasa lebih berat di gagang raket (head light/ berat belakang). Sedangkan raket midplus berada di antaranya dengan berat yang seimbang. Untuk mudahnya anda dapat menimbangnya dengan jari telunjuk yang ditempatkan di leher raket yang berbentuk segitiga seperti pada gambar berikut:

clip_image001

0 comments:

Popular Posts