Wednesday 4 November 2009

berprestasi berdasarkan pada penilaian kinerja keuangan, ekonomi dan kesejahteraan: JABAR DAPAT HADIAH 21 MILYAR DARI MENTERI KEUANGAN

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapatkan hadiah uang senilai 21 milyar dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Srimulyani Indrawati, Senin (2/11) malam. Penghargaan diberikan karena Pemerintah Propinsi Jawa Barat masuk kategori daerah berprestasi berdasarkan pada penilaian kinerja keuangan, ekonomi dan kesejahteraan. Hal tersebut disampaikan gubernur di gedung Pakuan seusai menerima tamu dari Rektorat Institut Manajemen Telkom, Selasa 3/11/2009.

“Dana tersebut akan dimasukkan dalam APBD 2010 sehingga bisa menambah pendapatan” imbuhya.
Setidaknya ada 9 provinsi dan 45 kota dan kabupaten se Indonesia yang mendapatkan hadiah serupa. Paling tinggi hadiahnya senilai 38 milyar dan yang terendah 18 milyar. Penghargaan dan alokasi besaran insentif didasarkan pada sejumlah penilaian dan kriteria. Antara lain; konsistensi kualitas laporan keuangan, penyampaian Perda APBD yang tepat waktu, dan upaya memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD).  
Lebih lanjut Heryawan menyatakan, sejumlah kriteria yang dinilai mengapa Jawa Barat mendapatkan hadiah antara lain, pendapatan daerahnya selama tiga tahun berturut-turut naik. Digit kenaikan  IPM, pengurangan kemiskinan dan penganggurannya diatas rata-rata nasional. Cukup baik dalam menaikkan angka harapan hidup bagi ibu dan anak. Laporan keuangannya cukup baik yaitu wajar dengan pengecualian (WDP).  Catatan-catatan yang perlu diperbaiki ke depan adalah kecepatan pembahasan keuangan dengan DPRD, sehingga Perda APBD bisa ditetapkan lebih awal.
Beberapa penghargaan yang berhasil diraih Jawa Barat antara lain tanggal 18 Desember 2008 penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional dan Ketahanan Pangan 2008 dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Tanggal 14 Oktober 2009 Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2009 tingkat Nasional dari Mennakertrans. Tanggal 21 Agustus 2009 Adiupaya Puritama, peringkat pertama Pembina Pemerintah Kota Kecil/Menengah dari Menpera, peringkat pertama Pembina Pemerintah Kabupaten dan peringkat kedua Pembina Pemerintah Kota Metropolis. Tanggal 7 Agustus 2009 penghargaan Agro Inovasi Pengembangan Hortikultura, dan 8 September 2009 Anugerah Aksara  Kementerian Pendidikan Nasional.

0 comments:

Popular Posts