Wednesday, 2 June 2010

KREATIFITAS BARANG BEKAS: MEMBUAT SENDIRI TEMPAT MINUM UNTUK HEWAN PELIHARAAN

 

Bagi para pecinta hewan peliharaan, selain tempat makan, yang harus disediakan juga adalah tempat minum bagi hewan kesayangan anda. Untuk tempat minum ini ada beragam macam dan bahannya. Apabila kita pergi ke pet shop, maka akan ditemui tempat minum dengan berbagai jenis penyediaan air minum, ada yang ditampung di wadah plasti, bentuk tabung terbalik seperti tempat minum buat ayam ada juga tempat minum botol kaca dan plastik dengan tempat mengisap seperti tempat minum anak TK.

Untuk jenis yang terakhir dilihat dari fungsinya cukup praktis, karena tidak akan mudah bececeran karena diacak-acak oleh hewan peliharaan kita. Selain itu kita  juga bisa mengontrol pemberian minum karena air yang ada di botol dengan jelas kelihatan sehingga pemberianya bisa sesuai dengan takaran kebutuhan hewan peliharaan kita.

Hanya sayang, tidak semua toko yang menjual perlengkapan hewan peliharaan menyediakan jenis ini. Kalaupn ada biasanya harganya cukup mahal terutama yang dari botol kaca. Namun jangan kahawatir kita bisa buat sendiri tempat minum tersebut dari bahan bekas di sekitar kita. Selain murah dan bermanfaat, juga sekalian hitung-hitung melestarikan alam dengan daur ulang.

Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • > Botol Bekas,

ukuranya disesuaikan dengan hewan peliharaan kita. untuk jenis kucing, kelinci, landak dan hewa peliharaan sejenisnya bisa menggunakan botol ukuran 600 ml atau yang lebih besar. untuk  hwan peliharaan yang lebih kecil atau anaknya semisal hamster, tikus, atau sejenisnya maka bisa digunakan botol kecil misalnya botol kaca bekas minuman penambah stamina.

  • Selang kecil dengan diameter menyesuaikan dengna ukuran botolnya
  • lem untuk perekat

DSC04505   DSC04506

DSC04507

Cara membuatnya :

  1. Buat lubang di tutup botol
  2. Masukan selang ke tutup botolnya
  3. Rekat dengan lem sampai dengan benar-benar kuat dan tidak bocor (gambar 1)
  4. Masukan air lalu pasang tutup yang sudah diberi selang
  5. Balikan botol, lihat apakah airnya menetes atau tidak
  6. kalau airnya menetas berarti masihh ada celah yang bocor atau menutupnya kurang rapat (gambar 2)
  7. Kalau sudah dipastikan tidak menetes, baru dipasang di kandang tempat hewan peliharaan kita (gambar 3)

Tempat minum dalam contoh ini adalah tempat minum untuk kelinci peliharaan saya.

0 comments:

Loading...

Popular Posts