Thursday 12 November 2009

TUGU MANGGA GEDONG GINCU MAJALENGKA

DSC01518
Klo yang ini sih cocok untuk mengangkat pamor majalengka menjadi penghasil buah gedong gincu. habis sebenarnya potensi produksi buah Majalengka tidak kalah oleh Indramayu yang udah lebih dulu memproklamirkan diri sebagai penghasil mangga. Semoga ini bukan hana tugu tapi benar-benar direalisasikan dengan program2 yang mendukung para petani mangga khususnya petani Mangga Gedong Gincu di Majalengka.
Hasil produksi budidaya gedong gincu sebenarnya melimpah, coba saksikan saat saya nyambangi para penjual gedong gincu di daerah tomo (kok tomo bukan Majalengka).. gedong gincunya menggoda sekali…
DSC01433
kios penjual mangga gedong gincu, saat itu harganya Rp 12 500 sekilo, padahal kalo beli di pasar saat panen raya cuma Rp 6500/kg dengan kualitas lebih baik (karena langsung dari petani) sedangkan di supermarket bisa Rp 25 000/kg. kebayang kan tuh pengusaha gede berapa ngambil untungnya?
Kembali ke tugu gedong gincu yang kita bicarakan di awal, ada yang menggelitik saya saat dengan seksama memperhatikan patung buah gedong gincu di atas tugu itu (bayangkan saya berjam-jam berdiri panas-panas di pinggir jalan memperhatikan si gedong gincu). apa yang membuat saya bertanya? perhatikan deh gambar daun patung gedong gincu di bawah ini :
DSC01517
Daunya cuilik buanget terlihat tidak proporsional dengan buahnya. Bandingkan dengan bentuk daun dan mangga aslinya di bawah ini:
image
Hal lainya, coba perhatikan sekeliling bunderan cigasong itu, gak ada satu pun yang jualan gedong gincu bahkan tak nampak mencolok ada kebun mangga gincu hehe… jadi menurut saya sih cocoknya gedong gincu itu di munjul karena tak jauh dari situ ada kios yang jualan gedong gincu, sementara patung ikanya di cigasong, karena di situ ada toko alat pancing dan pakan ikan… hehehe, setuju?

0 comments:

Popular Posts