Monday 22 June 2009

Sedot ingus si kecil, upaya meringankan sakil flu anak

Kalo anak kecil kita udah terserang flu, duh repotnya. pastinya dia akan sangat rewel, nafsu makanya turun drastis dan akan nangis melulu.

Kita sebagai orang tua yang amat sayang ma anak kita, tentu akan ikut pusing dibuatnya. lalu kita kan memberinya obat macem-macem, wah smua obat yang tetangga, mertua bahkan orang kenal di jalan juga kita cobain buat anak kita. tapi pada akhirnya kita ka setres sendiri karena pilek si kecil ga kunjung sembuh juga.

Sebenarnya flu pada balita, adalah sama saja dengan flu pada orang dewasa. penyakit ini timbul karena serangn virus yang bisa masuk bukan hanya lewat udara, tapi bis ajuga lewat kulit dans entuhan tangan lho.

Jadi sebebarnya obat amphetamin utuk flu itu tidak membunuh virus flunya, itu hanya meredakan gejalanya saja. maka yang paling bijak adalah bagaimana membuat si kecil merasa nyaman dan tidak terlalu terganggu oleh pilek yang menyerangnya.

salahsatu yang bikin rese adalah ingus, karena masih kecil dia ga biasa 'nyingsring' alias ngeluarin ingusnya sendiri. ada teknis sendiri lho, yaitu dengan menyedot ingus si kecil. sebenarnya ada alat untuk itu, seperti pipet lah, cuman kalo masuk terllau dalam juga berbahaya. ada yang lebih aman, yaitu menyedot dengan ingus si kecil oleh kita sendiri.

Mungkin awalnya merasa jiik, tapi setelah melakukan biasa aja tuh. kalo anak saya pilek, sayalah yang menydet ingusnya, lalu muntahin dan berkumur. si kecil juga kelihatan amat senang setelah itu, mungkin nafasnya menjadi lega dan hidungnya tidak mampet dan berat lagi.

jangan membayangkan terlalu jauh, cobalah dulu... insya Allah bersama terapi lainya (misalnya sering memberi minum air hangat, memberinya jus dan mengompres utnuk menurunkan panas badanya) maka pilek si kecil akan cepat sembuh...

0 comments:

Popular Posts