Tuesday 3 March 2009

BERMAIN SUDOKU

Permaina sudoku sangat menyenangkan, bisa mengasah otak kita dan juga meningkatkan daya tajam analisa dan melatih kemampuan matematis kita.
Bagaimana cara main sudoku? berikut say berikan aturan dan sejarahnya secara singkat. ini saya dapatkan dari beberapa sumber dan blog kawan yang lain. semoga bermanfaat.

Contoh Soal Sudoku Sudoku adalah permainan yang mirip teka-teki silang ataupun figjig, aturan permainan Sudoku sederhana saja. Tersedia 81 kotak yang terdiri atas 9 kolom dan 9 baris. Kotak besar itu dibagi lagi menjadi 3 x 3 kotak (lihat gambar). Cara mengisinya adalah dengan mengisi kotak-kotak tersebut dengan angka dari 1 sampai 9. Syaratnya tidak boleh ada pengulangan angka dalam 1 kolom, 1 baris, dan juga dalam 1 kotak parsial. Sebagai permulaan, beberapa kotak telah diisi dengan angka-angka pembuka.

Permainan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1979 di Amerika Serikat tetapi waktu itu namanya bukan Sudoku. Dell (majalah yang pertama kali menerbitkan Sudoku) menyebutnya Number Place. Tahun 1984, Nikoli, majalah teka-teki Jepang menerbitkan teka-teki serupa yang diberi nama Suu ji Wa Dokushin Ni Kagiru (artinya, setiap angka hanya boleh muncul satu kali). Mungkin karena nama yang kelewat panjang Nikoli menyebutnya lebih singkat: Sudoku . Namun, permainan ini sebenarnya dipopulerkan oleh Harian The Times, Inggris pada 12 November 2004. Permainan Sudoku yang terdapat di harian tersebut dikembangkan oleh Wayne Gould seorang pensiunan hakim Hongkong. Wabah Sudoku di Amerika Serikat dipopulerkan ole New York Post, The Daily News, dan USA Today.

Teka-teki Sudoku tidak hanya ditulis di buku atau koran, tetapi juga di televisi. Pada Juli 2005, stasiun teve Channel 4 menayangkan program permainan Sudoku dari layar kaca. Tidak mau ketinggalan, stasiun teve Sky One dan radio BBC juga menayangkan kuis Sudoku secara interaktif.

Yang lebih heboh lagi, soal Sudoku juga "ditulis" di lereng sebuah bukit di Chipping Sodbury. Dalam hal ukurannya, ini merupakan soal Sudoku terbesar di dunia dengan panjang-lebarnya 84 m. Sky One memberikan hadiah 5000 pound bagi yang bisa menjawab soal tersebut.

Sampai sekarang ribuan buku mengenai Sudoku diterbitkan di seluruh dunia. Para programmer juga berlomba-lomba menciptakan program Sudoku. Ya, wabah Sudoku memang sangat hebat. Untuk menyelesaikan soal-soal Sudoku tidak diperlukan keterampilan khusus seperti ketika menjawab TTS. Kita hanya perlu memiliki kemampuan berpikir logis. Di balik peraturannya yang sederhana, terdapat lebih dari 6.670.903.752.021.072.936.960 kombinasi (bisa melafalkan?). Bahkan menurut majalah Teacher, Sudoku bisa memperlambat proses kepikunan & Alzheimer (penyakit gangguan saraf otak). Benar atau tidaknya, yang jelas semua orang bisa bermain Sudoku. Yuk, rame-rame main Sudoku!
untuk main sudoku, bisa download di yahoo! widget. cukup menyenangkan untuk mengisi waktu di sela ngerjain tugas kantor atau tugas kuliah :)

0 comments:

Popular Posts