Wednesday 19 August 2009

ASYIKNYA MANCING IKAN LOCAL BASS DI KOLAM MERTUA

 

 

DSC009161

Libur hari kemerdekaan (hari kemerdekaan koq libur ya?) kemarin, jelas dong pulang kampung. Di tengah seru-seruan lomba n upacara, eh mertua nyuruh mancing.

 

Ya alhamdulillah, udahmah tangan ini teh gatel lama gak mancing. Akhirnya tawaran itu tidak saya sia-siakan. Dengan peralatan mancing sederhana, saya mancing ke kolam pancing belakang rumah Ayah (sebutan kami untuk mertua saya).

Sebenarnya isi kolamnya macem-macem sih, maklum lah bukan kolam budidaya. Di sana ada Nila, Mujair, Bawal, Lele, bahkan ikan Bogo alian Boncel juga ada. Tapi yang jadi target pemancingan adalah ikan nila atau Local Bass, karena jelas saya tidak ada persiapan (maklum tawaranya mendadak sih), kalo nangkep ikan bawal yang besar-besar, pancing saya pasti udah putus. kan rugi…(emang dagang pake rugi sgala?)

Jadi berhubung targetnya ikan Nila, ya umpannya pun harus spesial, yaitu dengan lumut. caranya lumut yang diambil dari kolam atau sungai ditaruh di mangkuk kecil, lalu ditaburi bumbu masak masako (bukan iklan nih,,,) buiar lumutnya ga gampang hancur atau patah patah. terus dikait dengan mata pancing, baru dilempar.

DSC00912

Sensasi tarikannya lumayan juga, apalagi kalo besarnya sampai 0,5 kg atau lebih. Wuih mantap! udah kayak ikan bass beneran. Setelah target cukup banyak dan cukup untuk dibakar, berhubung ayah sebagai pemrakarsa acara pengen bakar bawal, akhirnya saya pun mancing ikan bawal dengan umpan pelet. dan benar aja, baru naikin dua ekor yang sekitar satu kiloan, pancing udah putus digigit sama gerigi ikan bawal yang emang bergigi tajam itu. makanya biasanya kalomau mancing bawal, pasti pake kawat selim pancinganya biar tidak putus digigit sama gigi sang ikan.

 

tapi bagaimanapun, acara mancing di hari kemerdekaan itu cukup memeriahkan suasana, menghibur dan menghilangkan rasa kangen atas kerinduan strike mancing ikan giant. makasih ayah atas ijin mancingnya, makasih juga tas ikannya.

 

lain klai lagi ya….(hihihi, mode ngarep: on) :)

0 comments:

Popular Posts