Thursday 21 January 2010

Skimming dan Pengintipan PIN ; Modus operandi pembobolan atm BCA

 

alat skimming skimmer tool alat skimming (skimmer)

INILAH.COM, Jakarta - Modus operandi  yang digunakan dalam pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di 6 bank di Bali adalah skimming/tiping dan pengintipan PIN.

Hal tersebut dikatakan, Deputi Gubernur Bank  Indonesia Bidang Pengawasan Perbankan, Budi Rochadi di Gedung Bank Indonesia, Rabu (20/1). "Dari hasil penyelidikan awal, modusnya itu  dengan skimming dan mengintip PIN," katanya.

Proses Skimming, kata dia, dilakukan dengan meletakan alat  sensor pada mulut ATM. Sedangkan nomer PIN didapat dengan cara mengintip bisa menggunakan kamera tersembunyi.

Budi, melanjutkan, pihaknya telah mencurigai 13 lokasi  yang dijadikan sasaran pembobolan ATM. "Semuanya ada di Bali," kata dia.

Untuk mencegah meluasnya pembobolan ATM, Budi  menghimbau agar nasabah selalu meneliti dan memperhatikan saat menggunakan mesin ATM maupun mesin Electric Data Capture (EDC).

Selain itu, kata dia, masyarakat juga dihimbau untuk  rutin mengganti PIN, menutup angka saat saat memasukkan nomor PIN dan alternatif lain dengan memasukan kembali  kartu ATM ke mesinnya agar seusai melakukan transaksi dan memasukan  kembali nomor PIN yang salah untuk mengecoh dan kemudian membatalkan proses tersebut. [cms]

sumber : (inilah.com/Wirasatria)

0 comments:

Popular Posts